Konten

Bahasa Pemrograman Phyton

27 Feb 2020 393 programming

Bahasa Pemrograman Phyton

Python juga bisa diguakan untuk mengembangkan aplikasi mobile atau desktop dan menariknya bersifat cross platform yang artinya dapat berjalan di berbagai Sistem Operasi seperti linux, Mac, Windows, Raspberry Pi dan sebagainya. Popularitas Python semakin meningkat seiring dengan adanya teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) seperti Machine Learning, Deep Learning, Big Data, Data Science dan sebagainya, yah benar sekali Python sangat mampu menghadapi permasalahan matematika yang rumit hingga dapat digunakan untuk rapid prototyping


Coding dengan Phyton lebih efektif


# Program Penjumlahan Dua Bilangan
            # Meminta inputan dari user
            
            
            bil1 = input("Masukkan bilangan pertama: ")
            bil2 = input("Masukkan bilangan kedua: ")
            
            
            # Menjumlahkan bilangan
            jumlah = float(bil1) + float(bil2)
            
            
            # Menampilkan jumlah
            print("Jumlah {0} + {1} adalah {2}".format(bil1, bil2, jumlah))
            

Bahasa Python seperti bahasa inggris pada umumnya dan ternyata coding dengan Python mampu menghemat lebih banyak baris code dibandingkan bahasa pemrogramman laiinya. Yang paling menarik adalah Python bekerja dengan sistem Interpreter yang artinya, coding dapat dieksekusi setelah baris code ditulis dan hal ini bisa dijadikan sebuah prototyping atau pemodelan yang cepat. Python dapat dijalankan dengan berbagai model pengembangan seperti prosedural, OOP (Object oriented Programming atau bersifat Fungsional). 

Untuk menyelesaikan sebuah baris code Python tidak memerlukan titik koma seperti bahasa pemrogramman lain, kita cukup berganti pada baris berikutnya. Python sangat tergantung pada indentasi (menjorok) seperti tab pada Microsoft Word sebagai ruang lingkup seperti fungsi, class, ataupun looping. Biasanya bahasa pemrogramman lain menggunakan kurung kurawal buka dan tutup sebagai ruang lingkupnya. 

Anda pasti sudah tidak sabar untuk mempraktekan bahasa pemrograman keren ini. Selanjutnya kita akan belajar menggunakan bahasa pemrogramman Python ini dimulai dari melakukan setup environtment dan tool pendukung agar Python dapat berjalan pada komputer anda.

Selanjutnya : Installasi Python dan IDE pendukung.





linuxpython

avatar

OlehPurwono

0 0 0 393

Apakah artikel ini membantu ?

0 Komentar
avatar
Visitor