Konten

Bagan Struktur Organisasi LSP

27 Feb 2020 737 Lisensi LSP Skema Sertifikasi

Bagan Struktur Organisasi LSP

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB PENGURUS LSP


UNSUR PENGARAH


Dewan Pengarah dan Komite Ketidakberpihakan

  • Menetapkan visi, misi dan tujuan LSP Teknologi Digital 
  • Memberikan arah dari program kerja LSP secara periodik
  • Bertindak sebagai komunikator dan fasilitator dengan stake holder 
  • Memastikan sumberdaya tersertifikasi bisa matching dengan kebutuhan industri
  • Memobilisasi sumberdaya dan mencarikan sponsor yang tidak mengikat 
  • Bertanggungjawab terhadap pengawasan ketidakberpihakan.  


Komite Skema

  • Menyusun dan mengembangkan skema sertifikasi
  • Kaji ulang skema sertifikasi , minimal satu kali setahun.


UNSUR PENGURUS


Direktur Eksekutif (PENGURUS HARIAN)

  • Menetapkan sasaran mutu
  • Melakukan tinjauan manajemen
  • Pengelolaan sumberdaya
  • Mengawasi pengelolaan keuangan di LSP
  • Monitoring dan evaluasi kegiatan LSP Teknologi Digital
  • Pengaturan kontrak.  

Bendahara

  • Mengelola keuangan LSP 
  • Membuat laporan keuangan bulanan dan tahunan
  • Mengelola sistem perpajakan LSP.  

Manajer  Mutu

  • Mengembangkan dan menerapkan sistem manajemen mutu, terhadap pedoman BNSP yang berlaku (PBNSP 201 dan 202) dan SNI ISO 17024 : 2012 
  • Memastikan dan memelihara secara konsisten penerapan sistem manajemen sesuai dengan standar dan pedoman yang diacu 
  • Melakukan audit internal dan memfasilitasi kaji ulang manajemen 
  • Melakukan dan menjaga penerapan standarisasi dalam pelaksanaan proses sertifikasi kompetensi.  

Manajer Sertifikasi

  • Menyiapkan perangkat asesmen dan materi uji
  • Sebagai koordinator pelaksanaan sertifikasi, termasuk pemeliharaan kompetensi dan sertifikasi ulang
  • Melakukan surveilance kepada semua pemegang sertifikat
  • Menetapkan persyaratan tempat uji (TUK)
  • Sebagai koordinator dari asesor lisensi , asesor kompetensi, dan tenaga ahli
  • Memfasilitasi hubungan dengan TUK dalam fungsi memelihara informasi sertifikasi kompetensi
  • Mengecek kesiapan TUK sebelum pelaksanaan proses uji kompetensi. 

Manajer Pengelola LSP

  • - Mengkoordinasikan komunikasi dan supervisi antar bagian
  • - Manajer representative untuk pengembangan LSP 

Manajer Administrasi

  • Memfasilitasi unsur-unsur LSP Teknologi Digital guna terselenggaranya program sertifikasi profesi (contoh : surat menyurat, kesiapan dokumen TUK) 
  • Memfalisitasi dan mengelola serta mengevaluasi sistem administrasi LSP Teknologi Digital 
  • Sebagai administrator pelaksanaan sistem sertifikasi dan tugas-tugas ketatausahaan organisasi LSP 
  • Membangun sistim informasi berbasis web dan aplikasi registrasi online
  • Mempersiapkan laporan kegiatan LSP
  • Melakukan rekrutmen asesor kompetensi serta pemeliharaan kompetensinya.

Manajer IT

  • Mengelola dan mengembangkan website
  • Mengelola dan mengembangkan apps
  • Integrasi sistem LSP dan BNSP
  • Integrasi sistem LSP dengan Mitra

Komite Teknis

  • Mengembangkan dan mengevaluasi perangkat asesmen, metode uji kompetensi, materi uji kompetensi, dan bank soal. 

Asesor Lisensi

  • Melaksanakan verifikasi calon TUK.

Asesor Kompetensi

  • Merencanakan, mengembangkan proses uji kompetensi
  • Melaksanakan proses uji kompetensi
  • Melakukan evaluasi atas proses uji kompetensi yang telah dilakukan
  • Membuat laporan hasil uji kompetensi. 

Tenaga Ahli / Subject Specialyst

  • Membantu asesor kompetensi melaksanakan Uji Kompetensi sesuai bidang teknis yang diujikan. 

profil

avatar

Olehadmin

0 0 0 737

Apakah artikel ini membantu ?

0 Komentar
avatar
Visitor